Senin, 06 Agustus 2018

LARANGAN MEMBUNUH ANAK ANAK KARENA TAKUT MISKIN

LARANGAN MEMBUNUH ANAK ANAK KARENA TAKUT MISKIN

قُلْ تَعَالَوْا أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ ۖ أَلَّا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۖ وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ ۖ وَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ۖ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya).

Allah SWT Berfirman dalam ayat 151 surah Al-An'am  وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ  (dan janganlah kamu membunuh anak anak kamu karena takut kemiskinan).kata Imlaq dalam ayat itu berarti kefakiran atau kemiskinan.Ketakutan akan kemiskinan inilah yang menjadi alasan untuk membunuh anak anak yang masih kecil.

Pada zaman jahiliah,karena ketakutan akan dilanda kemiskinan,kaum musyrikin arab tega membunuh anak anak mereka yang masih kecil.mereka mengubur hidup hidup anaknya atau membunuh dengan cara yang lain.kebanyakan dari mereka melakukan pembunuhan itu karena merasa terbebani oleh keharusan memberi makan anak anaknya,sementara mereka sendiri dalam keadaan miskin.
Perbuatan para orang tua dizaman jahiliah itu merupakan kebodohan dan kekejaman yang menyimpang dari fitrah yang lurus dan akal sehat.Fitrah yang lurus pasti akan memandang pembunuhan tersebut sebagai perbuatan yang biadab yang tidak berpri  kemanusiaan.Syariat telah menggolongkan perbuatan itu sebagai perbuatan dosa yang sangat besar setelah syirik kepada Allah SWT.
Abdullah bin Mas'ud r.a pernah bertanya kepada Rosulullah saw :"Apakah dosa yang paling besar?"Nabi saw menjawab,"Mengadakan sekutu bagi Allah padahal Allah yang menciptakanmu."Aku berkata,"yang demikian itu sangat besar dosanya,kemudian apa lagi?"Nabi saw menjawab,"Membunuh anakmu karena takut mereka makan bersamamu." (H.R. Muslim)
Kebodohan kaum musyrikin arab dari ilmu yang benar,telah menjerumuskan mereka pada penyimpangan.Mereka memiliki pandangan yang salah mengenai Hakikat Rezeki.Merka menyangka bahwa rezeki yang didapatkan akan berkurang dengan kehadiran anak anak.Maka Allah SWT menjelaskan kepada kaum musyrikin itu tentang hakikat rezeki yang benar.
Dalam ayat yang lain (Q.S. Al-Isra:31) Allah SWT Berfirman:
وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا
Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.


Kamis, 02 Agustus 2018

Pengertian Tawakal

Pengertian Tawakal


Q.S.AL-BAQARAH:197
الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا
              مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ ۚ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ
"(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi,Barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji,maka tidak boleh Rafats,berbuat pasik,dan berbantah bantahan didalam masa mengerjakan haji.Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan,Niscaya Allah mengetahuinya.Berbekallah dan sesungguhnya sebaik baiknya bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-KU wahai orang orang yang berakal."

Asbabun Nuzul
   Didalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari yang diterima dari Ibnu 'Abbas r.a diceritakan bahwa orang orang yaman yang melaksanakan ibadah haji,tidak pernah membawa bekal apa apa.Mereka (orang orang yaman) berkata,"kami bertawakal kepada Allah."Maka Allah SWT menurunkan ayat diatas sebagai bantahan terhadap anggapan mereka yang salah.
   Dalam bahasa arab  kata Tawakal berasal dari kata at-tawakkul yang dibentuk dari kata tawakkala,Artinya adalah Menyerahkan,Mempercayakan,atau Mewakilkan urusan kepada orang lain.Adapun pengertian Bertawakal kepada Allah SWT adalah mempercayakan dan menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah SWT.(terutama berkenaan dengan nasib dan takdir) Namun patut diketahui bahwa tawakal harus disertai dengan Ikhtiar/daya upaya.
Dan dalam ayat tersebut juga Allah SWT juga melarang para jamaah haji untuk melakukan Rafats,fusuq dan jidal selama menjalankan ibadah haji.kemudian Allah memberi petunjuk kepada manusia bahwasanya Dia mengetahui apa yang dikerjakan manusia,yang baik maupun yang buruk.Setiap perbuatan baik akan membawa manfaat yang abadi,sebaliknya perbuatan yang buruk tidak akan menghasilkan apapun kecuali bahaya dan mudarat yang abadi. 

LARANGAN MEMAKAN HARTA ORANG LAIN SECARA BATIL




LARANGAN MEMAKAN HARTA ORANG LAIN SECARA BATIL



وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ
                                        أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُون
"Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim,supaya kamu dapat memakan sebagian dari pada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa,padahal kamu mengetahui."
(Q.S. Albaqarah:188)

Asbabun Nuzul
    Ibnu abi hatim telah meriwayatkan sebuah hadist mengenai sebab sebab turunnya ayat diatas.Hadist ini diterima dari Sa'id bin zubair r.a berkata:"umru-ul qois bin 'Abis dan Abdan bin Asywa' Al-Hadirami terlibat pertengkaran mengenai persoalan kepemilikan tanah.Masing masing meng klaim bahwa tanah itu milik mereka.Umru-ul qois berusaha mendapatkan tanah itu dengan bersumpah dihadapan hakim.maka Allah SWT menurunkan ayat itu kepada Rosulullah saw sebagai peringatan kepada orang orang yang bermaksud merampas hak orang lain.
    Kalimat وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ  Secara Harfiah dapat dimaknakan sebagai: dan janganlah sebagian kamu mamakan harta sebagian yang lain di antara kamu...kata "Memakan" dalam ayat ini meliputi pengertian mengambil harta,mendapatkan harta,memungut,membelanjakan dan lain sebagainya.
Penggunaan kata "Memakan",walaupun memiliki arti yang luas seperti yang telah dijelaskan,menyiratkan pula pada suatu pengertian yang khusus kepada kita,pengertian khusus yang dimaksud adalah bahwa pada dasarnya prioritas utama dari segala usaha manusia adalah ditujukan untuk pemuasan nafsu lapar (makan).setelah pemuasan nafsu lapar terpenuhi barulah beralih kepada pemuasan yang lain seperti memperbanyak harta,kendaraan,kemewahan dan lain sebagainya.
    Beralih pada kata  بِالْبَاطِلِ Secara harfiah kata ini berarti "Dengan jalan yang Batil"
sedangkan pengertian Bil bathil yang dimaksud ayat diatas adalah setiap perbuatan yang tidak dibenarkan dan tidak disyariatkan oleh Allah SWT baik dalam mendapatkan harta maupun dalam membelanjakannya.Patut diketahui oleh setiap muslim,Jika ia membelanjakan harta yang halal dengan cara yang batil.maka harta tersebut berubah menjadi harta yang haram.

Kumpulan hijib dan ilmu goib

Asma Penakluk Jin dan Makhluk Ghoib

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh. Bertemu lagi dengan saya Candrasagara27 dalam sebuah artikel yang memuat tentang amalan amalan ...