Rabu, 29 Maret 2023

Adab Bangun Tidur

Apabila engkau bangun dari tidur dan berniat untuk menghasilkan keutamaan terbesar,maka berusahalah sekuat tenaga untuk bangun sebelum terbit fajar, supaya bisa sholat di awal waktu, karena sholat dalam suasana masih gelap lebih baik daripada salam dalam suasana sudah terang.
Apabila seseorang mengerjakan sholat pada awal waktu dan masih dalam keadaan gelap,maka para malaikat malam hadir menyaksikan sholat nya. Dan apabila sholat itu lama disebabkan bacaan yang tartil hingga nampak cahaya,maka para malaikat siang hadir pula sambil menyaksikan sholatnya.
Para nabi seperti halnya para dokter mengajak manusia untuk melakukan ketaatan dan Ubudiyah mulai bangun dari tidur, karena sangat bermanfaat dan bisa menghilangkan penyakit. Demikianlah dikatakan oleh Asy-Syarbini. Hendaklah mengawali waktu dalam harimu dengan berdzikir menyebut asma Allah SWT.
Diriwayatkan oleh Bukhari bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"Setan mengikat belakang kepala salah seorang dari kamu di waktu tidur dengan tiga ikatan. Ia memukul pada setiap ikatan seraya berkata: Tetaplah di tempatmu,malam masih panjang,maka tidurlah.jika ia terbangun sambil menyebut nama Allah SWT.terlepas satu ikatan.dan jika ia sholat,terlepas seluruh ikatan. Maka ia pun menjadi giat dan baik jiwanya.kalau tidak,maka ia pun berjiwa buruk dan malas."

Pada waktu itu bacalah :
الحمدلله الذى احيانابعدمااماتناواليه النشور
"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada Nya kami dibangkitkan (dari kubur)."
(HR.Bukhori dari Hudzaifah dan Abi Dzar)

Tidak ada komentar:

Kumpulan hijib dan ilmu goib

Asma Penakluk Jin dan Makhluk Ghoib

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh. Bertemu lagi dengan saya Candrasagara27 dalam sebuah artikel yang memuat tentang amalan amalan ...