Selasa, 14 Maret 2023

Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Bunga Telang (Clitoria ternatea) atau dikenal juga dengan sebutan Butterfly Pea yang tumbuh menjadi tanaman hias maupun tanaman liar dengan kelopak berwarna ungu atau biru cerah. Bunga telang adalah salah satu jenis tumbuhan-tumbuhan merambat yang juga golongan dari jenis tanaman polong-polongan.

Manfaat Bunga Telang :
Bunga telang menjadi salah satu dalam pengobatan tradisional karena manfaat atau khasiatnya. Dikutip dari Journal of Functional Food and Nutraceutical berjudul Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung, berikut manfaat dari bunga telang:

1. Antioksidan 

Bunga telang mengandung antioksidan. Aktivitas dari antioksidan ini sendiri mampu dalam mengelola stres dan memberi efek baik untuk mampu mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

2. Anti Diabetes 

Bunga telang mengandung efek hipoglikemia yang berasal dari ekstrak bunga telang itu sendiri. Hipoglikemia sendiri mampu menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin. Tak hanya itu, hipoglikemia dari bunga telang juga mampu meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati, dan tulang. Maka dari itu bunga telang pun bersifat antidiabetes.

3. Anti Obesitas 

Bunga telang mampu membantu tubuh untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Secara tidak langsung, bunga telang bermanfaat untuk menghilangkan lemak secara efektif.

4. Anti Kanker

Ekstrak bunga telang mengandung aktivitas anti yang dapat mencegah atau memperlambat penyebaran sel kanker, bahkan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, bunga telang juga mengandung fraksi hidrofilik yang berperan lebih efektif sebagai antikanker. Ekstrak metanol bunga telang juga memiliki aktivitas untuk menekan angiogenesis. Angiogenesis memiliki peran penting dalam transisi tumor dari keadaan tidak aktif jadi ke stadium ganas.

5. Anti Inflamasi 

Ekstrak petroleum eter bunga telang juga mengandung antiinflamasi. Anti inflamasi sendiri merupakan suatu zat yang mengurangi peradangan yaitu berupa sel-sel rusak, iritasi, dan sebagainya.

6. Anti Asma 

Salah satu manfaat bunga telang adalah menyembuhkan asma atau meredakan batu yang dipercaya pada pengobatan tradisional India. Ekstrak dari bunga telang bersifat anti asma atau meredakan batuk dengan diinduksikan sulfur dioksida dan asam sitrat dengan dosis tertentu.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Bunga telang juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang berasal dari biji bunga telang. Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida dan memiliki senyawa fenolik yang mana semua kandungan itu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Tidak ada komentar:

Kumpulan hijib dan ilmu goib

Asma Penakluk Jin dan Makhluk Ghoib

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh. Bertemu lagi dengan saya Candrasagara27 dalam sebuah artikel yang memuat tentang amalan amalan ...