Selasa, 28 Februari 2023

Cara Kerja Sistem AC Mobil

 Sistem Pendingin Udara/AC pada mobil merupakan sistem kompleks yang membantu menjaga interior kendaraan tetap sejuk dan nyaman, bahkan dihari yang panas dan lembab.

Komponen dasar sistem AC mobil meliputi:

1.Kompresor 

Kompresor adalah jantung dari sistem AC dan digerakkan oleh poros engkol mesin.Ini memampatkan gas pendingin dan memompa nya melalui kondensor.

2.Kondensator 

Kondensator adalah penukar panas yang melepaskan panas yang diserap dari interior kendaraan dan mendinginkan gas refrigeran terkompresi.

3.Evaporator/Penguap 

Evaporator adalah penukar panas lain yang terletak di dalam mobil.Gas pendingin diperluas didalam evaporator, menyerap panas dari interior kendaraan dan mendinginkan udara.

4.Katup Ekspansi

Katup Ekspansi adalah komponen yang mengatur aliran refrigeran dari sisi tekanan tinggi ke sisi sistem tekanan rendah. 

5.Pendingin 

Refrigeran adalah cairan khusus yang digunakan untuk memindahkan panas dari interior kendaraan ke luar. Itu terus beredar melalui sistem AC,menyerap dan melepaskan panas saat bergerak.

Saat sistem AC dihidupkan, kompresor memompa gas refrigeran melalui kondensor,yang melepaskan panas yang diserap dari interior kendaraan dan mendinginkan gas.gas yang didinginkan kemudian berpindah ke evaporator, dimana ia mengembang dan menyerap panas dari interior kendaraan sehingga mendinginkan udara.udara yang didinginkan kemudian dihembuskan ke bagian dalam kendaraan oleh kipas sistem AC.

Mungkin itu saja sekilas cara kerja AC kendaraan dari saya,terima kasih sudah mau meluangkan untuk membaca tulisan ini, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Kumpulan hijib dan ilmu goib

Asma Penakluk Jin dan Makhluk Ghoib

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh. Bertemu lagi dengan saya Candrasagara27 dalam sebuah artikel yang memuat tentang amalan amalan ...